Selasa, 21 April 2015

Tips Praktis Renovasi Rumah

Tips Praktis Renovasi Rumah
Rumah huni Anda tampak kusam, sudah kuno, atau mungkin Anda ingin memperbarui tampilannya. Dengan berbagai pertimbangan Anda akhirnya ingin melakukan renovasi rumah. Sebelum merenovasi rumah, baik yang kecil ataupun yang besar sebaiknya Anda memperhitungkan segalanya dari awal. Hal ini yang akan dibahas pada artikel kali ini, sebaiknya apa saja yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan renovasi.

  • Membuat daftar apa saja yang ingin direnovasi. Mulai dari dinding, lantai, plafon, apa saja yang perlu Anda renovasi harus didaftar dulu sehingga tak ada yang terlewat dan Anda bisa menentukan prioritas yang mana saja yang didahulukan.
  • Setelah membuat daftar, saatnya Anda memperhitungkan anggaran yang Anda miliki. Alokasikan dana yang Anda miliki sesuai daftar yang telah Anda buat. Anda mulai bisa bertanya-tanya dan memperkirakan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan renovasi sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika anda juga tinggal pada rumah huni yang ingin Anda renovasi, perhitungkan kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan renovasi. Semakin banyak renovasi yang dilakukan maka akan memakan lebih banyak waktu, jadi perhitungkan alokasi waktu dengan baik.
  • Lihat kembali bahan bangunan yang Anda miliki seperti pintu, jendela, kusen, penutup atap, sanitasi, dll. Jika masih ada yang kondisinya masih bagus maka masih bisa digunakan kembali. Jangan sembarangan membuang sisa-sisa bahan bangunan Anda, berkreasilah untuk dimanfaatkan kembali di bagian lain rumah.
  • Pelajari lagi jalur listrik dan air dalam rumah, jangan sampai ketika merenovasi rumah Anda melukai jalur air dan listrik. Dengan demikian Anda bisa mengantisipasi kerusakan dan pemborosan biaya yang lebih besar.
  • Sesuaikan renovasi rumah dengan kebutuhan penghuninya. Contohnya jIka Anda dan keluarga menyukai rumah yang terbuka tanpa bantuan AC untuk mendapatkan udara sejuk, maka pertimbangkan untuk membuat bukaan jendela dan pintu yang lebih besar ketika merenovasi rumah. Diskusikan matang-matang apa saja kebutuhan Anda dan keluarga lalu sesuaikan renovasi sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan penghunianya.
  • Sewa jasa arsitek dan kontraktor profesional sehingga renovasi rumah Anda bisa tertata dengan rapi dan ditangani oleh orang yang berpengalaman di bidangnya.