Minggu, 19 April 2015

Kombinasi Desain Simpel dan Hemat Energi

Kombinasi Desain Simpel dan Hemat Energi
Gaya hidup yang mulai mengarah kepada eco-friendly dapat diterapkan pula pada desain rumah. Rumah yang bergaya simpel ini didesain hemat energi. Cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah lewat banyaknya bukaan. Sehingga pada siang hari rumah tidak membutuhkan cahaya dari lampu.
Hunian yang didesain oleh arsitek Jepang, Edward Suzuki berkolaborasi dengan Daiwa House Kougyo ini menerapkan konsep simpel dan hemat energi. Hal tersebut terlihat dari desain keseluruhan rumah, salah satunya tampilan fasad rumah.
Fasad rumah dominan berwarna putih ditambah dengan elemen kayu di beberapa bagian. Walaupun tak banyak tanaman, sang arsitek tetap memberi sentuhan hijau. Di halaman rumah terdapat rumput yang diletakkan di bidang bebentuk kotak.
Bidang Kotak


Putih menjadi warna dominan fasad rumah. Bidang kotak-kotak yang terkesan kaku dilembutkan oleh unsur kayu dan tanaman hijau yang ada di halaman rumah.Batu kerikil putih juga diletakkan pada halaman rumah. Sang arsitek memilih untuk tidak menggunakan pagar pada rumah ini.
Kursi Unik di Ruang Tengah

Bagian tengah ruang diisi meja kaca dan kursi kecil dengan bentuk unik. Warna di dalam rumah tetap dominan warna putih. Beberapa ruangan menggunakan lantai parket.Ruang tengah terlihat lebih terang karena cahaya masuk dari jendela besar yang berada dekat dengan tangga. Beberapa tanaman dalam pot juga menghiasi ruang ini.
Berlimpah Cahaya

Cahaya dapat masuk melalui jendela-jendela besar yang terdapat di dekat tangga. Posisi jendela yang berada di tengah ruangan ini menyalurkan cahaya ke empat sisi ruangan.Pada siang hari, pemilik dapat memanfaatkan cahaya yang berlimpah untuk penerangan.
Jendela Dimana-mana

Ruang makan yang bersebelahan dengan ruang duduk menjadi lebih hangat dengan adanya jendela yang mengalirkan cahaya untuk masuk.Banyaknya jendela memungkinkan cahaya dan aliran udara lebih banyak masuk ke dalam rumah.
Ruang Tidur yang Nyaman

Kombinasi warna putih, hitam, dan cokelat menjadikan ruang tidur ini terlihat nyaman. Sepasang tempat tidur diletakkan berdampingan.Di tengah tempat tidur, terdapat jendela kecil berbentuk vertikal sebagai salah satu sumber cahaya di dalam kamar.